Observasi perusahaan manufaktur ( Tugas 1 )



Kata Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Sistem Informasi Pemasaran Suharto Home Industri Yang Bergerak di Bidang Manufaktur”. Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka kami memberikan banyak terima kasih kepada :
1.      Ibu Wachidatuz, selaku dosen kelas Bussnines Practice 4 yang banyak memberikan materi kuliah yang berkaitan dengan makalah ini, masukan, serta bimbingan kepada kami.
2.      Bapak Suharto, selaku pemilik Suharto Home Industri yang turut membantu dan memberikan informasi dalam penulisan makalah ini.
3.      Teman teman sekelas seperjuangan, yang saling memberikan kritik dan saran dalam pembuatan makalah ini
Kami menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh karna itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan Makalah ini.


Malang, 13 April 2016

Kelompok : Manufaktur







Daftar Isi
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Tujuan dan Manfaat
Metode Observasi
Lokasi dan Waktu Observasi
BAB II
Landasan Teori
            Pengertian Perusahaan
Pengertian Manufaktur
Hasil Observasi
Produk yang dihasilkan
Segmentasi pemasaran Suharto Home Industri
Targetting Suharto Home Industri
Jenis Promosi yang telah dilakukan
Jumlah karyawan Suharto Home Industri
Alur pelaksanaan usaha
VISI DAN MISI
BAB III
Kesimpulan dan Saran
Dokumentasi
BAB I
Pendahuluan

1.1  Latar Belakang
Sebuah perusahaan pasti memiliki system atau strategi untuk memasarkan produknya demi mencapai target serta kepuasan pelanggan. Dengan ini kami melakukan observasi pada Suharto Home Industri untuk mendapatkan informasi tentang system dan strategi apa yang telah dilakukan perusahaan tersebut.
1.2  Rumusan Masalah
·         Apa Visi dan Misi Suharto Home Industri?
·         Apa system informasi pemasaran yang telah dilakukan Suharto Home Industri?
·         Apa manfaat  observasi pada Suharto Home Industri?

1.3  Tujuan dan Manfaat
·         Mengetahui Visi dan Misi Suharto Home Industri
·         Memahami tentang system informasi pemasaran yang telah dilakukan Suharto Home Industri
·         Sebagai Tugas Mata Kuliah Bussines Practice 4

1.4  Metode Observasi
·         Penelitian dilakukan dengan cara melihat secara langsung setiap proses produksi pada Suharto Home Industri
·         Melakukan wawancara secara langsung bersama owner Suharto Home Industri

1.5  Lokasi dan Waktu Observasi
Hari / tanggal : Rabu, 13 April 2016
Lokasi              : Desa Keramik, Dinoyo, Malang
Waktu              : Diluar jam Kuliah.

BAB II
ISI
2.1  Landasan Teori
Sebelum kita membahas tentang Suharto Home Industri. Ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang Perusahaan Manufaktur.
2.1.1        Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.

2.1.2        Pengertian Manufaktur

adalah suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi untuk dijual.
             
              Jadi perusahaan manufaktur adalah Perusahaan Manufaktur adalah perusahaan yang mengubah barang mentah menjadi produk jadi melalui proses produksi kemudian dijual kepada pelanggan.
2.2  Hasil observasi
Suharto Home Industri merupakan sebuah perusahaan berskala kecil yang bergerak dibidang manufaktur yang menggunakan metode harga pokok proses dalam proses produksinya.

Profil Perusahaan
           
Nama Perusahaan
:
Suharto Home Industri
Owner
:
Pak Suharto
Jenis Perusahaan
:
Manufaktur
Didirikan
:
Suharto Home Industri berdiri sejak tahun 1983
Kegiatan Produksi
:
Membuat souvenir dan menjualnya
Visi dan misi
:
Untuk mencukupi kebutuhan sehari hari dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.




Produk

Produk yang dihasilkan
:
Cenderamata keramik, alat tenun, guci, souvenir, alat rumah tangga (berbahan baku tanah liat)
Segmentasi
:
Kelas menengah keatas
Targeting
:
Orang yang engadakan acara pernikahan, khitanan, dll.
Promosi
:
Website, Facebook, Stiker.
Pemasaran Produk
:
Suharto Home Industri menjual produknya di kios “Suharto Home Industri” dan Kios kios toko souvenir lainnya diluar kota.

Pelaksanaan Kegiatan

Karyawan
:
Memiliki 7 Karyawan
Alur pelaksanaan Usaha
:
  1. Penyediaan bahan baku
  2. Beberapa bahan dicampur jadi Satu.
  3. Dicetak
  4. Diwarnai
  5. Dibakar
  6. Diwarnai kembali
  7. Dilapisi zat kimia agar mengkilat dan cantik
  8. Packaging
  9. Dipasarkan




















BAB III
Penutup
1.1              Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Suharto Home Industri adalah perusahaan berslaka kecil yang bergerak gibidang manufaktur. Perusahaan ini menggunakan dua metode produksi. Proses dan juga pesanan. Tap jika dilihat lebih dalam perusahaan ini lebih sering menggunakan metode harga pokok pesanan.
Saran
Sebaiknya usaha ini mulai membuat perusahaan yang berbadan hukum.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

sikap dan kepuasan kerja . makalah perilaku organisasi

Pengaruh Gaji dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan di Ayam Goreng Nelongso CAbang Blimbing-Malang