Observasi perusahaan manufaktur ( Tugas 1 )
Kata
Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Sistem
Informasi Pemasaran Suharto Home Industri Yang Bergerak di Bidang Manufaktur”.
Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini,
maka kami memberikan banyak terima kasih kepada :
1. Ibu Wachidatuz, selaku dosen kelas Bussnines
Practice 4 yang banyak memberikan materi kuliah yang berkaitan dengan makalah
ini, masukan, serta bimbingan kepada kami.
2. Bapak Suharto, selaku pemilik Suharto
Home Industri yang turut membantu dan memberikan informasi dalam penulisan
makalah ini.
3. Teman teman sekelas seperjuangan,
yang saling memberikan kritik dan saran dalam pembuatan makalah ini
Kami menyadari bahwa makalah ini
belumlah sempurna. Oleh karna itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan
rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan Makalah ini.
Malang,
13 April 2016
Kelompok :
Manufaktur
Daftar Isi
Kata
Pengantar
Daftar
Isi
BAB
I
Latar
Belakang
Rumusan
Masalah
Tujuan
dan Manfaat
Metode
Observasi
Lokasi
dan Waktu Observasi
BAB
II
Landasan
Teori
Pengertian Perusahaan
Pengertian Manufaktur
Hasil
Observasi
Produk yang dihasilkan
Segmentasi pemasaran Suharto Home
Industri
Targetting Suharto Home Industri
Jenis Promosi yang telah dilakukan
Jumlah karyawan Suharto Home
Industri
Alur pelaksanaan usaha
VISI DAN MISI
BAB
III
Kesimpulan
dan Saran
Dokumentasi
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang
Sebuah
perusahaan pasti memiliki system atau strategi untuk memasarkan produknya demi
mencapai target serta kepuasan pelanggan. Dengan ini kami melakukan observasi
pada Suharto Home Industri untuk mendapatkan informasi tentang system dan
strategi apa yang telah dilakukan perusahaan tersebut.
1.2 Rumusan
Masalah
·
Apa
Visi dan Misi Suharto
Home Industri?
·
Apa
system informasi pemasaran yang telah dilakukan Suharto Home Industri?
·
Apa
manfaat observasi pada Suharto Home Industri?
1.3 Tujuan
dan Manfaat
·
Mengetahui
Visi dan Misi Suharto
Home Industri
·
Memahami
tentang system informasi pemasaran yang telah dilakukan Suharto Home Industri
·
Sebagai
Tugas Mata Kuliah Bussines Practice 4
1.4 Metode
Observasi
·
Penelitian
dilakukan dengan cara melihat secara langsung setiap proses produksi pada Suharto Home Industri
·
Melakukan
wawancara secara langsung bersama owner Suharto Home Industri
1.5 Lokasi
dan Waktu Observasi
Hari / tanggal : Rabu, 13 April 2016
Lokasi : Desa Keramik,
Dinoyo, Malang
Waktu : Diluar jam
Kuliah.
BAB II
ISI
2.1 Landasan
Teori
Sebelum
kita membahas tentang Suharto Home Industri. Ada baiknya kita memahami terlebih
dahulu tentang Perusahaan Manufaktur.
2.1.1
Pengertian
Perusahaan
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan
berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang
terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar
di pemerintah, mereka mempunyai badan
usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan
tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.
2.1.2
Pengertian Manufaktur
adalah suatu cabang industri yang
mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untuk
mengubah bahan mentah menjadi barang jadi untuk dijual.
Jadi
perusahaan manufaktur adalah Perusahaan Manufaktur adalah
perusahaan yang mengubah barang mentah menjadi produk jadi melalui proses
produksi kemudian dijual kepada pelanggan.
2.2 Hasil
observasi
Suharto Home Industri merupakan sebuah perusahaan
berskala kecil yang bergerak dibidang manufaktur yang menggunakan metode harga
pokok proses dalam proses produksinya.
Profil Perusahaan
Nama
Perusahaan
|
:
|
Suharto
Home Industri
|
Owner
|
:
|
Pak
Suharto
|
Jenis
Perusahaan
|
:
|
Manufaktur
|
Didirikan
|
:
|
Suharto
Home Industri berdiri sejak tahun 1983
|
Kegiatan
Produksi
|
:
|
Membuat
souvenir dan menjualnya
|
Visi dan
misi
|
:
|
Untuk
mencukupi kebutuhan sehari hari dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga
sekitar.
|
Produk
Produk
yang dihasilkan
|
:
|
Cenderamata
keramik, alat tenun, guci, souvenir, alat rumah tangga (berbahan baku tanah
liat)
|
Segmentasi
|
:
|
Kelas
menengah keatas
|
Targeting
|
:
|
Orang yang
engadakan acara pernikahan, khitanan, dll.
|
Promosi
|
:
|
Website,
Facebook, Stiker.
|
Pemasaran
Produk
|
:
|
Suharto
Home Industri menjual produknya di kios “Suharto Home Industri” dan Kios kios
toko souvenir lainnya diluar kota.
|
Pelaksanaan Kegiatan
Karyawan
|
:
|
Memiliki 7
Karyawan
|
Alur
pelaksanaan Usaha
|
:
|
|
BAB III
Penutup
1.1
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Suharto
Home Industri adalah perusahaan berslaka kecil yang bergerak gibidang
manufaktur. Perusahaan ini menggunakan dua metode produksi. Proses dan juga
pesanan. Tap jika dilihat lebih dalam perusahaan ini lebih sering menggunakan
metode harga pokok pesanan.
Saran
Sebaiknya
usaha ini mulai membuat perusahaan yang berbadan hukum.
Komentar
Posting Komentar