Perusahaan Jasa
Hasil Observasi Perusahaan Jasa
PT.POS INDONESIA
Landasan
Teori
Sebelum kita membahas tentang Kantor Pos Cabang Belimbing.
Ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang Perusahaan Jasa.
2.1.1
Pengertian
Perusahaan
Perusahaan adalah tempat
terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor
produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula
yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan
usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan
tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.
2.1.2
Pengertian
Jasa
adalah aktivitas ekonomi yang
melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik,
tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.
Jadi
perusahaan jasa adalah peusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberi
pelayanan ,kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk mempelancar
aktivitas produksi maupun konsumsi.
Hasil
observasi
Kantor Pos Cabang Belimbing merupakan sebuah perusahaan yang
bergerak dalam bidang jasa.
Profil Perusahaan
Nama Perusahaan
|
:
|
Unit Kantor Pos Cabang Belimbing
|
Kepala Cabang
|
:
|
Pak Maryono
|
Jenis Perusahaan
|
:
|
Perusahaan Jasa
|
Kegiatan Produksi
|
:
|
Melayani, menerima, dan Menampung barang lalu di
bawa ke kantor pusat untuk di pisahkan sesuai dengan kota tujuan.
|
Struktur Organisasi Unit Kantor Pos Cabang Belimbing :
Struktur organisasi di unit kantor
cabang belimbing hanya memiliki kepala kantor cabang dan 3 orang staff .
Berbeda dengan kantor pusat yang memiliki struktur organisasi yang lengkap
dengan adanya keuangan akuntansi, pelayanan operasional, transport, manajer
pengawasan unit, manajer pengawasan mutu, manajer keuangan,pelayanan jasa
keuangan yang melayani pembayaran-pembayaran BPJS dll, pelayanan retail (barang,
surat, paketan), manajerm pemasaran.
Dikantor pusat harus ada marketing.
Marketing itu sendiri mempunyai departemen sendiri atau bisa juga dibawah HRD.
Tugas marketing produk mengevakuasi apakah tempat tersebut layak untuk di
jadikan outlet.
Produk
Produk
yang dihasilkan
|
:
|
Merupakan jasa
retail (surat biasa, surat kilat, surat ekspres) semakin mahal semakin cepat
pengiriman.
|
Segmentasi
|
:
|
Semua
Kalangan
|
Targeting
|
:
|
Random
|
Promosi
|
:
|
Brosur,
Spanduk, kunjungan ke calon pelanggan yg potensial, kadang juga menjadi
sponsor acara.
|
Kantor Pos Cabang hanya untuk melayani pengiriman barang tidak menyediakan packing. Beda dengan kantor pusat yang melayani packing dan menjual benda-benda pos dan filateli, seperti prangko, kantor pos, amplop, dan perlengkapan untuk membungkus paket. Kantor pos cabang juga hanya menampung paket dari konsumen agar konsumen tidak jauh-jauh pergi ke kantor pos pusat.
Tidak semua barang di terima oleh
kantor pos seperti barang pecah belah, barang cair, buah dan hewan.
Struktur
Pengiriman :
BAB III
Penutup
1.1
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Kantor Pos adalah fasilitas fisik tidak bergerak untuk
melayani, menerima, dan mengumpulkan surat atau paket.
Dokumentasi
Komentar
Posting Komentar