Perusahaan Jasa

 


Hasil Observasi Perusahaan Jasa
PT.POS INDONESIA 



  Landasan Teori
Sebelum kita membahas tentang Kantor Pos Cabang Belimbing. Ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang Perusahaan Jasa.
2.1.1        Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.

2.1.2        Pengertian Jasa

adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.

Jadi perusahaan jasa adalah peusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberi pelayanan ,kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk mempelancar aktivitas produksi maupun konsumsi.
Hasil observasi
Kantor Pos Cabang Belimbing merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa.





Profil Perusahaan

Nama Perusahaan
:
Unit Kantor Pos Cabang Belimbing
Kepala Cabang
:
Pak Maryono
Jenis Perusahaan
:
Perusahaan Jasa
Kegiatan Produksi
:
Melayani, menerima, dan Menampung barang lalu di bawa ke kantor pusat untuk di pisahkan sesuai dengan kota tujuan.



Struktur Organisasi Unit Kantor Pos Cabang Belimbing :



Struktur organisasi di unit kantor cabang belimbing hanya memiliki kepala kantor cabang dan 3 orang staff . Berbeda dengan kantor pusat yang memiliki struktur organisasi yang lengkap dengan adanya keuangan akuntansi, pelayanan operasional, transport, manajer pengawasan unit, manajer pengawasan mutu, manajer keuangan,pelayanan jasa keuangan yang melayani pembayaran-pembayaran BPJS dll, pelayanan retail (barang, surat, paketan), manajerm pemasaran.
Dikantor pusat harus ada marketing. Marketing itu sendiri mempunyai departemen sendiri atau bisa juga dibawah HRD. Tugas marketing produk mengevakuasi apakah tempat tersebut layak untuk di jadikan outlet.






Produk

Produk yang dihasilkan
:
Merupakan jasa retail (surat biasa, surat kilat, surat ekspres) semakin mahal semakin cepat pengiriman.
Segmentasi
:
Semua Kalangan
Targeting
:
Random
Promosi
:
Brosur, Spanduk, kunjungan ke calon pelanggan yg potensial, kadang juga menjadi sponsor acara.


            Kantor Pos Cabang hanya untuk melayani pengiriman barang tidak menyediakan packing. Beda dengan kantor pusat yang melayani packing dan menjual benda-benda pos dan filateli, seperti prangko, kantor pos, amplop, dan perlengkapan untuk membungkus paket. Kantor pos cabang juga hanya menampung paket dari konsumen agar konsumen tidak jauh-jauh pergi ke kantor pos pusat.
Tidak semua barang di terima oleh kantor pos seperti barang pecah belah, barang cair, buah dan hewan.

Struktur Pengiriman :



























 



















BAB III
Penutup
1.1              Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
            Kantor Pos adalah fasilitas fisik tidak bergerak untuk melayani, menerima, dan mengumpulkan surat atau paket.

Dokumentasi 

 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sikap dan kepuasan kerja . makalah perilaku organisasi

Observasi perusahaan manufaktur ( Tugas 1 )

Pengaruh Gaji dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan di Ayam Goreng Nelongso CAbang Blimbing-Malang